Formulir Kontak

 

peranan menejemen informasi dan manfaat bagi lingkungan



Pengertian menejemen layanan informasi

Sistem Informasi Manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya material dan methode dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan fungsi - fungsi manajemen di dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Menejemen layanan sistem informasi juga dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen
Supaya suatu informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan cara mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.

Sehingga SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
  9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
Nah,dengan demikian manfaat diatas sistem informasi manajemen ialah suatu sistem yang berkaitan satu sama lain nya untuk menganalisa, mengambil keputusan serta memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis dalam akuntansi manajemen. SIM memiliki fungsi dan peran masing – masing, beberapa fungsi SIM adalah meningkatkan aksesibilitas yang tersaji, menetapkan investasi, memperbaiki produktivitas, laporan rek koran dan tranksaksi terjadi pada perbankan, dan masih banyak lagi fungsi SIM lain nya dalam perusahaan – perusahaan


Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi

1.     Mendukung dalam bidang bisnis
Sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan karena dapat menyeimbangkan ke efektifan dan efiensi dalam sebuah produk, melihat kondisi pasar, serta menghitung keuntungan yang akan didapatkan.

2.     Pengambilan keputusan manajerial
Sebagai pengambil keputusan yang ringkas dimana membantu manager dalam suatu perusahaan untuk menjalankan proses bisnis dan mengetahui kecenderungan serta mengevaluasi apa yang akan diperoleh dengan keputusan yang tepat, cepat, dan kompetibel.

3.     Keunggulan strategis perusahaan
Yaitu membantu meningkatkan strategi dalam suatu perusahaan dengan mengembangkan sektor internal dan sektor eksternal dengan mengedepankan efesiensi dan efektivitas penyelesaiannya.

4.     Meningkatkan strategi yang sudah ada dengan suatu layanan secara global
Sebagai layanan Sistem Informasi yang dapat mendukung meningkatkan strategi dengan menambahkan strategi baru sehingga mampu menyeimbangi strategi yang sudah diterapkan sebelumnya.

5.     Pengawasan tingkat menengah setelah pengawasan secara manual
Sebagai pengawasan ekstra atau tambahan sebagai back up pada seluruh data pada perusahaan tersebut.
    
6.     Perencanaan strategi perubahan dan kebijakan
Dimana mampu mengetahui selera para konsumen dengan menggunakan peluang-peluang yang ada secara merata dan menyeluruh.

Referensi:
nuryani, s. (2012, agustus 8). Jet Blue and the Veterans Administration : The Critical Importance ofIT Processes. Dipetik januari 10, 2016, dari sistem informasi manajemen pada perusahaan jet blue: file:///D:/semester%202/SIM/SISTEM%20INFORMASI%20MANAJEMEN%20PADA%20PERUSAHAAN%20JET%20BLUE%20_%20Sri%20Nuryani.htm

Total comment

Author

NGEBET NGODING

0   comments

Cancel Reply